Senin, 23 September 2019

Bukan Hanya Enak, Ini Dia Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

dTelur merupakan salah satu pilihan lauk yang murah meriah namun kaya akan nilai gizinya. Selain telur ayam, telur bebek juga menjadi pilihan apalagi dengan varian telur asin yang disukai banyak orang. Telur bebek yang direbus menggunakan garam untuk menambah keawetannya. Sebenarnya semua telur bisa dijadikan telur rebus asin ini, namun telur bebek lah yang sering digunakan karena cangkang telur bebek lebih baik dalam hal menyerap garam sehingga telur bebek lebih awet. Selain itu, telur bebek juga lebih besar ukurannya yang menjadikan telur bebek ini lebih mahal dan lebih mantap.


Telur yang awet ini bisa Anda beli di warung makan sebagai lauk. Selain rasanya yang enak dan gurih, ternyata telur yang lumer dengan rasa asin ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat pertama datang dari telur bebek yang digunakan, dimana telur bebek memiliki kandungan gizi yang lengkap dan lebih kaya dibandingkan dengan telur ayam. Kolesterol merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam telur bebek. Kolesterol sendiri selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat tidak mengakibatkan masalah kesehatan, namun bagi Anda yang sudah memiliki kandungan kolesterol tinggi sebaiknya memang menghindarinya. Selain kolesterol, asam amino juga dimiliki oleh telur bebek dalam jumlah yang tinggi. berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium dan sodium juga terkandung di dalamnya.

Dari kandungan nutrisinya tersebut, ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh telur asin, antara lain:

1.    Membantu regenerasi sel.
Untuk mengganti sel yang telah rusak di dalam tubuh, manusia memerlukan protein sebagai zat metabolisnya. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga mampu memberikan asupan protein yang cukup untuk meregenerasi sel mati.

2.    Membentuk tubuh lebih berotot.
Bagi Anda yang suka memiliki tubuh berotot, jangan lupa makan telur. Telur terutama bagian putih telurnya memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk membantu pembentukan massa otot. Selain untuk mengembangkan massa otot, telur juga baik dikonsumsi oleh mereka yang aktif agar selalu memiliki energi yang dibutuhkan.

3.    Mencegah osteoporosis.
Manfaat telur bebek lain adalah untuk kesehatan tulang. Kandungan protein hewani di dalam telur bebek yang tinggi membuatnya kaya akan zat yang dibutuhkan oleh tulang seperti kalsium dan protein. Mengkonsumsi telur dalam jumlah yang cukup akan menjauhkan Anda dari osteoporosis terutama saat sudah lansia.

4.    Mencegah anemia.
Telur dengan garam ini kaya akan zat besi yang berfungsi sebagai katalisator pembentukan sel darah. Dengan makan telur yang cukup, Anda akan terhindar dari anemia karena suplay darah terus bisa diproduksi dengan baik.

5.    Perkembangan otak anak.
Telur bebek ataupun telur ayam sangat baik untuk dikonsumsi balita dan anak-anak. Telur kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

6.    Menjaga kesehatan kulit.
Selain kandungan mineralnya, telur bebek juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Fungsi regenerasi sel juga berperan dalam manfaatnya menghaluskan kulit. Dengan makan telur lebih sering, kulit akan lebih halus dan bersih.

Itulah beberapa manfaat dari telur asin yang belum banyak diketahui orang. Telur ini juga lebih awet dalam penyimpanannya sehingga sangat cocok dijadikan makanan oleh-oleh untuk keluarga. Telur yang gurih dan lezat ini bahkan sudah bisa menjadi lauk yang nikmat untuk nasi putih hangat di saat sarapan, makan siang ataupun makan malam.